5 Tips Menjaga Gula dalam Darah Selalu Stabil

Ada banyak aspek yang harus diperhatikan jika ingin menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Salah satunya adalah nilai gula yang ditemui di dalam darah. Kadar gula darah normal akan membantu metabolisme dalam tubuh berjalan baik. Anda harus melakukan beragam upaya untuk menjaga kadar gula ini tetap normal, tidak lebih maupun kurang.

Menjaga Gula Darah

Stabilitas gula darah dapat dijaga dengan penerapan gaya hidup yang tepat. Ada beberapa langkah yang penting untuk dilakukan supaya kadar gula dalam darah selalu stabil dalam angka normal. Berikut adalah 5 tips yang bisa dicoba untuk menjaga gula darah selalu dalam kondisi stabil:

1.                 Jaga Pola Makan

Langkah pertama adalah menjaga pola makan. Apa yang kita makan memiliki pengaruh besar bagi nilai atau kadar gula darah. Mudah saja, konsumsi makanan yang manis-manis sudah pasti akan meningkatkan gula darah. Diet rendah karbohidrat juga bisa diterapkan untuk mempertahankan gula darah stabil. Hindari makanan siap saji dan ganti gula biasa dengan jenis gula yang rendah kalori.

2.                 Kontrol Berat Badan

Bobot tubuh Anda juga akan berpengaruh pada kadar gula yang ada di dalam darah. Sangatlah penting untuk mempertahankan berat badan agar selalu stabil di angka normal. Coba timbang dan hitung berat badan Anda saat ini lalu identifikasi apakah bobot tersebut normal atau tidak. Kontrol makanan dan lakukan aktivitas fisik untuk menjaga bobot tubuh selalu stabil.

3.                 Lakukan Olahraga Rutin

Cobalah untuk mulai terbiasa berolahraga secara rutin setiap hari. Luangkan waktu untuk beraktivitas fisik demi menjaga stabilitas gula darah normal. Ada begitu banyak jenis aktivitas olahraga yang bisa dilakukan. Mulai dari jogging, berenang, aerobik, dan lain sebagainya. Tekuni saja kegiatan olahraga yang dirasa paling disukai dan usahakan untuk rutin melakukannya setiap hari.

4.                 Minum Banyak Air

Pastikan Anda minum banyak air setiap hari untuk meredam lonjakan gula dalam darah. Jenis air yang perlu diminum dalam jumlah banyak ialah air putih. Konsumsi air putih yang mencukupi juga akan membantu mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Jika Anda terbiasa mengonsumsi jenis minuman yang manis, maka langsung ubah saja dengan minum air putih karena jauh lebih sehat dan aman.

5.                 Konsumsi Obat

Langkah yang satu ini menjadi pilihan jika Anda memang sudah dinyatakan menderita diabetes. Apabila kontrol gula darah sulit dilakukan dengan cara alami maka konsumsi obat akan dibutuhkan. Namun, konsumsi obat ini harus dilakukan sesuai arahan dokter. Jadi, konsultasikan terlebih dahulu kondisi Anda agar mendapatkan arahan konsumsi obat yang benar.

Itulah tadi 5 cara yang dapat dilakukan untuk menjaga agar gula darah selalu stabil. Anda bisa memperbanyak wawasan mengenai kesehatan dengan membaca artikel kesehatan dari internet. Pahami kondisi tubuh Anda dan lakukan pemeriksaan secara berkala demi mengontrol kesehatan.