Cover Letter: Cara Jitu Membuat Cover Letter yang Sempurna

Contoh Cover Letter, Jurus Ampuh Fresh Graduate Dapat Kerja - Ajaib

Bila melamar sebuah posisi di perusahaan tertentu, pelamar mungkin banyak bertanya bagaimana dan kapan menulis surat lamaran. Menulis surat lamaran dengan baik adalah faktor penting yang membuat pelamar dapat dipanggil guna melakukan wawancara. Di bawah ini tips yang akan membantu pelamar menulis surat lamaran dengan sempurna:

  1. Buatlah dengan Singkat

Tentukan posisi yang pelamar butuhkan untuk menentukan apa yang ditawarkan pada perusahaan yang dilamar, tapi jangan berlebihan. Surat lamaran yang dibuat harus terdiri dari tiga atau empat paragraf singkat. Tidak perlu lebih dari satu halaman,  surat yang ringkas serta halaman depan yang menarik merupakan kesempatan pelamar untuk menunjukkan bahwa pelamar bisa berkomunikasi dengan efektif.

  1. Mulailah dengan Yakin

Selain memberi tahu recruiter atau HRD tentang posisi yang diinginkan pelamar, satu atau dua kalimat pertama pelamar harus mengidentifikasi kualitas dan pengalaman yang dimiliki yang membuat pelamar menjadi kandidat yang kuat untuk posisi yang dilamar. Bila pelamar tidak punya pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar, sebutkan secara singkat bagaimana kegiatan kursus atau ekstrakurikuler yang sudah memberi dasar pelamar yang diperlukan untuk membangun karir. Gunakan kata seperti: “Mohon setujui aplikasi lamaran saya sebagai…., Sebagai lulusan jurusan….”

Tips: cari tahu manajer yang merekrut dan alamat kan surat lamaran kerja langsung kepada mereka. Bila pelamar tidak menemukan kontak langsung, kirimkan surat itu ke departemen yang dilamar.

  1. Sesuaikan Konten

Pelamar mungkin bertanya apa perlu menulis surat lamaran yang berbeda bagi setiap pekerjaan yang dilamar. Jawabnya: iya, berbeda. Walaupun ada ketentuan umum tentang bagaimana surat lamaran kerja seharusnya ditulis ya itu paragraf pengantar, satu atau dua paragraf yang menjelaskan tentang yang pelamar tawarkan pada perusahaan dan kesimpulan tapi setiap perusahaan punya budaya sendiri, yang wajib tercermin dalam konten lamaran pelamar.

Tips: menyesuaikan surat lamaran sesungguhnya mudah dilakukan, sesudah pelamar punya 1/2 template yang nyaman, lamar bisa menyesuaikan setiap kata dengan mudah dengan informasi spesifik perusahaan.

  1. Faktor Kebahasaan

Bahasa yang ngelamar pakai menggambarkan keterampilan dan kualitas pelamar yang dibutuhkan untuk suatu posisi. Manajer perekrutan dan staf yang menyaring surat lamaran memakai kata kunci tertentu guna mengurai aplikasi pekerjaan.

  1. Berhati-hati Terhadap Hal-hal Kecil

Tidak ada tempat buat kesalahan materi aplikasi lamaran pekerjaan, selesai membuat draft lamaran, istirahat sebentar, lanjutkan untuk mengedit, dan merevisi. Koreksi dengan teliti bila perlu minta bantuan orang lain untuk mengoreksinya.

  1. Kenali Pembaca Surat Lamaran Anda

Perlu diingat pelamar menulis buat calon pemberi kerja, bukan untuk teman baik atau anggota keluarga. Bahasa yang pelamar pakai ketika mengirim email atau teks cepat harus sesuai untuk surat lamaran, harus diseimbangkan antara kepribadian dan tingkat keprofesionalan pelamar.

  1. Jadikan Baru

Surat lamaran pengantar merupakan kesempatan pelamar memperluas informasi diri dan memberi wawasan kepada rekruter gambaran tentang potensi yang dimiliki pelamar dan kinerja nya di kemudian hari.

  1. Penutup

Di surat lamaran kerja tuliskan bahwa pelamar punya keinginan besar supaya diterima di perusahaan tersebut, jangan lupa mengucapkan terima kasih.

  1. Lampiran Surat Lamaran Kerja

Supaya perusahaan tujuan pelamar yakin menerima pelamar sebaiknya dilampirkan pas foto (foto terbaru), fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, dan fotocopy sertifikat kompetensi.

  1. Hormat Saya dengan Tanda Tangan dan Nama Lengkap Pelamar

 

Demikian cara jitu membuat cover letter yang sempurna bagi pelamar, diharapkan dengan informasi ini pelamar mampu membuat surat lamaran kerja yang menarik untuk dibaca rekruter.