Desa Kerajinan Bali Yang Wajib Anda Singgahi

Pulau Dewata memang terkenal dengan berbagai kerajinan khas Bali, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri. Bahkan tempat-tempat yang menghasilkan berbagai kerajinan tangan di Bali menjadi daya tarik wisata karena banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun mancanegara.

Perajin Bali ini biasanya berasal dari pedesaan. Hal ini dimanfaatkan sebagai peluang untuk mengubah desa tersebut menjadi desa wisata kerajinan. Rekomendasi berikut adalah beberapa desa wisata kerajinan tangan di Bali.

1. Desa Belega

Desa ini terkenal dengan produksi kerajinan khas Bali yang terbuat dari bambu, yang disulap menjadi dekorasi rumah yang bernilai estetika tinggi. Desa Belega yang telah berdiri selama 70 tahun ini merupakan sentra kesenian bambu.

Desa ini menghasilkan seni dan kerajinan yang terbuat dari bambu berkualitas yang sangat awet. Produk bambu handmade yang diproduksi Desa Belega dikenal tahan rayap.

2. Desa celuk

Kedua, Desa Tseluk sebagai penghasil kerajinan perak. Jika Anda berkunjung ke desa ini, Anda akan langsung melihat bagaimana proses pembuatan kerajinan dari bahan perak menjadi hasil karya seni yang sangat berharga.

Anda juga bisa bertemu langsung dengan perajin perak setempat.

3. Desa Sebatu

Desa Sebatu merupakan desa perajin wisata Bali yang menghasilkan produk kayu. Desa ini tidak hanya dikenal oleh wisatawan, tetapi juga oleh pengusaha, di mana Anda dapat menemukan produk kayu.

Banyak pengusaha besar mengekspor produk kayu mereka dari desa Sebatu untuk dijual ke daerah lain. Lokasi desa Sebatu juga sangat strategis, jika anda dari Denpasar menuju Kintamani anda akan menemukan desa ini.

4. Desa Gelgel

Ada juga desa Gelgel, yang berhubungan dengan kerajinan tenun dan toko makanan. Di desa wisata ini, Anda bisa melihat kain tradisional dan kain tembang dengan motif yang indah. Tentunya Anda juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan kain tenun dan kain songket.

Bahkan kain tenun dan kain songket dari Desa Gelgel banyak digunakan oleh PNS. Anda tidak perlu khawatir dengan harga kain tenun dan singlet karena masih cukup terjangkau bagi masyarakat sekitar.

5. Desa Batubulan

Jika Anda menyukai kerajinan batu Bali, Anda harus mengunjungi Desa Batubulan. Di desa ini, karya seni batu diproduksi dalam berbagai ukuran dari kecil hingga besar.

Apalagi bagi penyuka seni pahat batu, Anda bisa dengan mudah menemukannya di desa ini. Sebuah karya seni batu rata-rata menjadi hiasan meja untuk dekorasi rumah kecil. Omong-omong, untuk ukuran yang lebih besar, mereka sering digunakan untuk dekorasi luar ruangan, seperti taman.

6. Desa Bona

Terakhir, ada desa Bona yang banyak terdapat pengrajin daun lontar. Desa ini membuat seni dari bahan lontar dan menghasilkan berbagai barang etnik seperti topi, sandal dan kain tenun.

Kerajinan daun lontar bali banyak digunakan sebagai kado pernikahan. Mereka juga sangat baik untuk kategori kain tenun dari daun lontar, karena pilihan motifnya banyak dan Anda bisa langsung melihat bagaimana proses pembuatan kain tenun dari daun lontar.

Itulah beberapa desa wisata kerajinan Bali yang wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke pulau Bali. Bagi anda yang sedang berwisata ke Bali dan tidak memiliki waktu untuk membeli oleh-oleh khas pulau dewata ini, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa dengan mudah memilih di website https://www.balietrade.com.

Toko grosir online ini menjual produk Bali dan dekorasi kamar khas Bali untuk penduduk lokal dan asing. Toh semua produk yang diproduksi berasal dari perajin Bali tentunya.