Fintech dan Bank Syariah

Perkembangan fintech di Indonesia yang sangat pesat sebenarnya bukan menjadi alasan bagi industri perbankan konvensional dan syariah untuk tidak terbuka mengenai inovasi keuangan fintech. Dalam berita fintech Indonesia diterangkan tentang hubungan fintech dan bank syariah yang berkembang di Indonesia.

Hubungan Fintech dan Perbankan Syariah

Berdasarkan hasil interview dan juga hasil pengisian kuisioner dari pada responden terkait hubungan fintech dengan bank syariah terbagi dalam berbagai aspek. Di bawah ini penjelasan lengkap tentang aspek tersebut.

1. Benefit

Aspek ini menawarkan manfaat atau keunggulan dari perbankan berbasis syariah dengan kemunculan layanan fintech. Dalam analisis ini didapatkan informasi bahwa faktor yang menjadi prioritas penting yaitu hemat biaya menjalankan operasional dan marketing melalui kerjasama dengan layanan fintech mencapai 28%.

Selain iyu, fintech menjadi basis data bagi perbankan syariah hingga 22%, meningkatkan nilai bank syariah sebesar 21%, memudahkan pengawasan otoritas hingga 12% dan memperluas pasar share bank syariah sebesar 17%.

2. Opportunity

Adalah hubungan saling menguntungkan antara fintech dan bank syariah. Hubungan ini ditunjukkan dalam sarana pemasaran bank syariah hingga 22%, start up fintech terhadap bank syariah mencapai 21%, meningkatkan potensi penyaluran kredit sektor mikro hingga 20% dan pembiayaan bank syariah melalui link fintech sebesar 18%.

3. Cost

Cost adalah aspek biaya karena penerapan fintech bertujuan untuk mengembangkan perbankan syariah. Para responden menerangkan infrastruktur pendukung fintech memiliki biaya yang terbilang cukup tinggi.

4. Risk

Aspek ini adalah sejumlah resiko yang harus ditanggung pihak bank syariah karena pelayanan fintech. Pada dasarnya industri bank syariah pasti akan lebih fokus pada produk, adapun fintech syariah lebih fokus pada pelanggan. Kondisi ini dapat menjadi celah bagi fintech syariah dalam menekan modal bisnis industri bank syariah.

Itulah ulasan tentang hubungan fintech dan bank syariah dalam beberapa aspek penting yang perlu diketahui. Pada dasarnya, kehadiran layanan fintech cukup membantu bank syariah apabila diterapkan sesuai dengan prosedur yang ada. Dengan demikian, antara kedua belah bisa bisa meraih tujuan bersama dengan saling menguntungkan.