Keunggulan Stainless Steel 304 dalam Industri

Dalam industri, stainless steel 304 paling banyak digunakan. Stainless steel 304 ini adalah jenis baja stainless serbaguna yang memiliki sifat anti-korosi. Jenis baja ini mengalami proses pembentukan dan pengelasan yang sangat baik. 

Stainless steel 304 cukup umum digunakan di Indonesia dalam berbagai industri. Anda dapat menjumpai peralatan berbahan stainless steel 304 dalam industri sanitair, kedokteran, manufaktur, hingga industri rumah tangga pengolahan makanan berupa peralatan dapur. 

Berikut ini adalah beberapa keunggulan jenis stainless steel 304, yang membuat baja ini  digunakan dalam berbagai industri.

1. Tahan Korosi dan Karat

Pada permukaan stainless steel 304, terdapat 18% unsur kromium yang berperan pada ketahanan oksida. Hal tersebut yang membuat jenis besi stainless ini tahan pada karat dan korosi. 

Logam kromium dikenal sebagai jenis logam yang tahan terhadap proses pelapukan. Sehingga logam ini sering digunakan sebagai bahan campuran pada alat-alat industri. 

2. Ketahanan pada Suhu

Kandungan logam kromium pada besi stainless ini tidak hanya menjadikan besi tahan pada korosi dan karat, tetapi juga pada berbagai suhu. Logam kromium menjadi pelindung utama ketahanan besi stainless steel pada suhu yang rendah hingga tinggi sekalipun. 

3. Perawatan Mudah

Material ini terkenal dengan cara perawatan yang mudah. Hal ini dikarenakan stainless steel bersifat isolator, yang membuatnya tidak mudah ditempeli oleh bahan lain. Sehingga permukaan lebih mudah dibersihkan.

4. Tahan Lama

Keunggulan dari jenis baja ini adalah karakteristiknya yang tahan lama dan tidak mudah rusak. Hal tersebut berdasarkan pada material pembentuk besi stainless, yaitu nikel dan kromium

5. Mudah Dibentuk dan Dilas

Dengan kandungan 8% unsur nikel pada pada stainless steel 304 jenis besi ini mudah dibentuk dan dilas. Tekstur logam nikel yang keras namun elastis, membuat besi stainless ini mudah dibentuk atau disambungkan. 

6. Multifungsi

Besi stainless dapat dikatakan multifungsi karena tidak memiliki reaksi apapun. Sehingga material ini digunakan dalam keperluan berbagai industri, seperti peralatan makan, alat kesehatan, dan masih banyak lagi.

7. Tampilan Menarik

Besi stainless dikenal dengan tampilannya yang mewah dan elegan. Sehingga sangat cocok digunakan dalam berbagai alat industri dengan tampilan modern.

Besi stainless 304 sangat berperan dalam berbagai industri. Sehingga tidak heran jika jenis besi stainless ini banyak dicari dan digunakan. Anda bisa menemukan besi stainless 304 dan jenis lain berkualitas di PT. Sinar Djaja LKS.