Manakah Pulau Paling Padat Di Indonesia? Simak Penjelasannya

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara kepulauan. Pulau terbesar di Indonesia yaitu Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua. Tentunya banyak orang atau masyarakat yang tinggal tersebar diberbagai pulau.

Setiap tahunnya pasti penduduk Indonesia bertambah atau meningkat. Karena hal ini Indonesia masuk kedalam daftar negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Nah kalau begitu pulau manakah yang penduduknya paling banyak sehingga pulau tersebut menjadi padat.

Pulau Paling Padat Di Indonesia

Populasi penduduk Indonesia memanglah banyak, namun hal tersebut bukan berarti semua penduduk tersebar secara merata diseluruh pulau. Kondisi ini membuat salah satu pulau menjadi ramai dan padat yang dimana menyebabkan meledaknya penduduk di beberapa wilayah.

Mempunyai luas wilayah yang lumayan besar, membuat Negara Kesatuan Republik Indonesia atau singkatnya NKRI menjadi sebuah negara yang mempunyai populasi yang termasuk banyak di Negara Asia. Tetapi nampaknya jumlah penduduk Negara Kesatuan Republik Indonesia alias NKRI yang cukup banyak ini tidak mendapatkan persebaran yang merata pada setiap pulaunya. Hal ini yang pastinya akan menyebabkan ledakan penduduk pada beberapa wilayah pulau.

Ketidakmerataan dari persebaran penduduk Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI ini bisa anda lihat dari keberadaan beberapa pulau yang ada di Indonesia yang mempunyai tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi sedangkan pada beberapa pulau lainnya tidak mempunyai kepadatan penduduk yang sama tingginya atau bahkan terbilang rendah.

Jika menilik dari sumber terpercaya yakni website miliki Badan Pusat Statistik menurut provinsi tahun 2015 sampai 2019 yang diakses pada tanggal 2 Agustus 2021 ternyata dari 5 pulau besar yang dimiliki Negara Kesatuan Republik Indonesia, memiliki urutan kepadatan mulai dari Pulau Jawa, diikuti dengan Pulau Bali, lalu Pulau Nusa Tenggara, kemudian Kepulauan Riau, dan terakhir Pulau Sumatera.

Berdasar pada data Badan Pusat Statistik tahun 2019, Pulau Jawa menjadi pulau yang paling banyak penduduknya di tahun 2018. Dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 149 juta jiwa dari 6 provinsi (DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Banten).

Dari deretan 5 pulau paling padat penduduknya di Negara Kesatuan Republik Indonesia tersebut, kepulauan pada kawasan Indonesia Timur menduduki pulau yang mempunyai kepadatan penduduk paling rendah se-Indonesia. Permasalahan ledakan penduduk ini pasti wajib segera diselesaikan supaya kesejahteraan penduduk bisa merata juga mengurangi dampak negatif dari keberadaan ledakan penduduk pada suatu wilayah.

Untuk dapat menyelesaikan masalah ledakan jumlah penduduk pada suatu wilayah atau suatu pulau, dikatakan pada sebuah buku yang memiliki judul “Buku Penunjang Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Pengembangan Silabus Kurikulum 2013 versi 2016 Peserta Didik Kelas VIII Satuan Pendidikan SMP/MTS, dan atau Sederajat Semester Ganjil dan Genap” oleh Drs. Dg. Mapata, M.M (2017:65) menyatakan bahwa program KB atau Keluarga Berencana merupakan salah satu solusi yang dijalankan pemerintah sebagai usaha guna mengatasi kepadatan jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat setiap tahunnya.

Selain itu ada juga solusi lainnya yang dituliskan pada laman https://kependudukancapil.jakarta.go.id yang dibuka pada tanggal 2 Agustus 2021 lalu yakni:

  1. Menggencarkan program transmigrasi.
  2. Pemerataan terhadap lapangan kerja.
  3. Membuat Undang-Undang yang menetukan usia minimal untuk menikah.
  4. Membatasi tunjangan anak untuk PNS juga ABRI hanya sampai anak kedua.
  5. Mengenakan tarif tinggi untuk para imigran
  6. Menyebarkan seluas-luasnya pendidikan tentang kependudukan pada beragam jenjang pendidikan.

Sekian ulasan singkat dari pulau paling padat di Indonesia, lengkap dengan solusi pemerataannya.