Masa Depan Industri Pengemasan

Kemasan fleksibel telah menjadi andalan industri kemasan selama bertahun-tahun sekarang terutama di bagian kemasan makanan. Kemajuan teknis juga telah secara dramatis mengubah cara pandang kemasan. Ini telah menjadi bentuk kemasan yang paling disukai menggantikan kemasan kaku seperti kaca, logam, dll. Diperkirakan konsumsi global kemasan plastik akan tumbuh pada tingkat tahunan 3,5% selama 5 tahun ke depan mencapai $231 miliar pada 2018.

Asia adalah pasar regional terbesar dengan 29,1% dari volume pasar global pada tahun 2011. Ini juga merupakan pasar dengan pertumbuhan tercepat untuk kemasan fleksibel konsumen dengan CAGR diperkirakan untuk 2011-16 sebesar 7,9%. Selama periode 2011-16, kawasan ini diperkirakan mewakili 55% dari total perdagangan konsumsi kemasan global. India dan Cina adalah tujuan dengan pertumbuhan tercepat untuk kemasan fleksibel konsumen yang menyumbang 44,0% dari pertumbuhan konsumsi kemasan fleksibel dunia selama periode perkiraan.

Dalam konteks India juga FMCG adalah konsumen terbesar dari kemasan fleksibel. Makanan menyumbang 38% dari total konsumsi kemasan. Industri pengemasan di India tumbuh pada tingkat tahunan lebih dari 15% dan bernilai $ 15,6 miliar dan jumlah ini Jasa Cetak Kemasan diperkirakan akan mencapai sekitar $ 60 miliar dalam 5 tahun ke depan. Kelas menengah yang sedang berkembang, liberalisasi dan sektor ritel yang terorganisir telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan perusahaan pengemasan di India.

Pasar kemasan fleksibel juga menyaksikan pertumbuhan di sektor farmasi di mana ia tumbuh dengan CAGR sebesar 7,1% pada tahun 2018. Dengan meningkatnya perhatian dan kesadaran tentang kesehatan masyarakat, industri farmasi menunjukkan keuntungan yang kuat dalam bentuk peningkatan unit pengolahan produk, kemasan yang praktis dan peningkatan konsumsi obat generik.

Kemasan plastik fleksibel juga diuntungkan dari berbagai macam produk baru yang dikembangkan oleh pemilik merek untuk mempertahankan lingkungan pasar yang semakin kompetitif. Karena rantai ritel menuntut perlindungan produk (terutama makanan) yang lebih besar, penggunaan kemasan fleksibel penghalang akan terus berkembang. Selain itu plastik seperti BOPET, EVOH dan PA juga disebut-sebut menunjukkan tingkat pertumbuhan tertinggi.

Skenario pengemasan India akan menyaksikan lebih banyak pertumbuhan untuk pengemasan fleksibel karena efektivitas biaya dan kredensial keberlanjutannya. Plastik disebut-sebut tumbuh lebih banyak. Beberapa area pertumbuhan utama adalah:
• Kantong berdiri
• Wadah berkontur
• Botol plastik penghalang tinggi
• Kecilkan lengan baju
• Keamanan merek
• Kemasan ramah lingkungan

Baik di Barat atau di Timur, pertumbuhan kemasan makanan ringan akan didorong oleh sejumlah faktor dalam sektor pengemasan dan ritel konsumen. Fitur seperti umur simpan produk yang lebih lama, pengurangan berat badan, dan kenyamanan pelanggan adalah area bagi produsen kemasan untuk tumbuh dan berinovasi.