Perkiraan Biaya Servis Mobil Toyota Avanza hingga 100.000 Km

Avanza memang terkenal sebagai salah satu mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang cocok digunakan untuk kendaraan keluarga. Dengan model eksterior yang sporty dan juga interior yang sangat futuristik, mobil ini banyak diminati oleh pecinta otomotif. Selain itu mesinnya juga menghasilkan performa yang tangguh.

Nah, buat Anda yang sudah mempunyai mobil Toyota Avanza, ada baiknya Anda juga memperhatikan perawatannya. Dengan begitu mobil akan lebih awet dan terhindar dari kerusakan fatal. Sebab itulah, Anda harus melakukan servis secara berkala di bengkel toyota terdekat.

Spesifikasi Toyota Avanza

Sebelum membahas perkiraan biaya servis berkala mobil Toyota Avanza, perhatikan terlebih dahulu spesifikasi singkat mobil ini. Jika ditinjau dari performanya, Avanza mempunyai dua varian kapasitas mesin, yaitu tipe 1,3 dan 1,5.

Pada tipe 1,3, Toyota Avanza dilengkapi dengan mesin 4 silinder – 16 katup. Serta menggunakan teknologi DOHC Dual VVT-i. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 96,5 PS pada 6000 rpm dengan torsi maksimum 120 Kgm pada 4200 rpm. Selain itu kapasitas penyimpanan bahan bakarnya mencapai 45 liter.

Mobil dengan panjang 4,2 m, lebar 1,6 m dan tinggi 1,6 m ini mempunyai bobot yang tidak terlalu berat. Namun kabinnya akan terasa lebih luas. Mengingat dimensinya yang sangat luas, mobil ini akan sangat nyaman digunakan sebagai mobil keluarga.

Sementara itu, Toyota Avanza tipe 1,5 dibekali dengan mesin 2NR-VE 4 silinder – 16 katup. Serta didukung dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga hingga 104 PS pada 6000 rpm dengan torsi maksimum hingga 136 Kgm pada 4200 rpm. Untuk dimensinya sendiri, sama persis dengan tipe 1,3.

Perkiraan Biaya Servis Rutin Toyota Avanza

Jika Anda baru saja membeli mobil Toyota Avanza untuk digunakan sebagai mobil transportasi keluarga. Berikut ini perkiraan biaya yang perlu Anda ketahui untuk melakukan servis berkala hingga jarak tempuh 100.000 Km.

1. Servis Rutin 10 Ribu, 20 Ribu, 30 Ribu hingga 50 Ribu Km

Perawatan rutin yang harus Anda lakukan pertama kali saat kendaraan Anda menempuh jarak 10 ribu Km, 20 ribu Km, 3 ribu Km dan 50 ribu Km. Pada interval jarak tempuh tersebut, komponen mobil Anda yang harus diganti adalah oli mesin, gasket, filter oli dan juga balancing roda.

Jika Anda melakukan servis di bengkel resmi Toyota, Anda tidak akan dikenakan biaya servis. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli spare part dan komponen yang akan diganti. Perkiraan biaya yang perlu Anda keluarkan berada di kisaran 497 ribuan.

2. Servis 40 Ribu Km

Jika mobil Toyota Avanza Anda sudah menempuh jarak 40 ribu Km, Anda harus melakukan penggantian komponen yang dengan jarak tempuh 10 ribu Km. Serta harus melakukan penggantian filter udara, dan minyak rem.

Untuk biaya servis jarak tempuh 40 Km ini masih gratis. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 1,3 jutaan untuk biaya pembelian spare part dan komponen yang akan diganti. Biaya tersebut sudah termasuk biaya ganti oli transmisi dan juga oli gardan. Sementara untuk mobil transmisi otomatis, hanya sebesar 1,2 jutaan tanpa biaya ganti oli transmisi.

3. Servis 60 Ribu Km

Setelah mobil Toyota Avanza Anda menempuh jarak 60 ribu Km, Anda harus kembali melakukan servis rutin ke showroom Toyota terdekat. Sebab, Anda harus melakukan penggantian komponen yang sama pada jarak tempuh sebelumnya, yaitu, oli mesin, gasket oli, filter oli dan juga balancing roda.

Biaya yang perlu Anda keluarkan pas servis rutin 60 Km ini berkisar 1 jutaan. Baik itu untuk mobil Toyota Avanza dengan sistem transmisi manual maupun otomatis. Selain itu, jika mobil Anda sudah menempuh jarak 60 ribu Km, Anda akan dikenakan biaya servis rutin.

4. Servis Rutin 70 Ribu dan 90 Ribu Km

Jika mobil toyota Avanza Anda sudah memasuki jarak tempuh 70 ribu dan 90 ribu Km. Anda harus mengeluarkan biaya sekitar 990 ribuan untuk biaya servis berkala dan penggantian komponen dan spare part.

Komponen yang perlu diganti tidak jauh berbeda dengan servis-servis sebelumnya. Mulai dari ganti oli, gasket oli, filter oli dan juga balancing roda. Untuk bisa mendapatkan biaya servis segitu, tentunya Anda harus melakukan servis di dealer Toyota terdekat yang resmi.

5. Servis 80 Ribu Km

Pada jarak tempuh sekitar 80 ribu KM, Anda akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Untuk komponen yang perlu diganti hampir sama dengan servis jarak tempuh 40 ribu Km. Kisaran biaya yang perlu Anda keluarkan berada di kisaran 3,4 jutaan hingga 3,6 jutaan.

6. Servis 100 Ribu Km

Untuk jarak tempuh 100 ribu Km, biaya yang perlu Anda keluarkan tidak akan semahal biaya servis 80 ribu Km. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya penggantian komponen dan jasa servis sekitar 1,4 jutaan saja.

Itu dia perkiraan biaya servis berkala mobil Toyota Avanza hingga jarak tempuh 100 ribu Km. Estimasi biaya tersebut hanya berlaku jika Anda melakukan servis di bengkel resmi Toyota yang ada di daerah Anda.