Resep Membuat Bakwan Jagung Sederhana yang Lezat

Bakwan merupakan gorengan yang bisa dimakan langsung sebagai cemilan dan cocok untuk lauk. Makanan ini biasanya dibuat dengan bahan yang sederhana seperti bakwan sayur yang menggunakan sayur-sayuran sebagai pelengkap tepung. Selain itu ada jug bakwan jagung yang cocok dipilih bagi penggemar jagung dengan citarasa yang berbeda dan lebih sehat. Bagi yang suka makan bakwan jagung, bisa membuatnya dengan mudah mengikuti resep bakwan jagung sederhana.

Tips Membuat Bakwan Jagung

Sebelum membuat bakwan jagung, ada beberapa pertimbangan yang bisa digunakan sehingga mendapatkan rasa yang pas dan tepat. Seperti beberapa tips tersebut yaitu:

  1. Adonan bakwan jagung

Hal pertama yang bisa diperhatikan adalah dari adonan bakwan jagung yang akan dibuat. Pemilihan adonan ini diperlukan untuk membuat bakwan yang akan mempunyai tekstur yang crispy dan renyah. Seperti mulai dari jenis jagung yang akan digunakan karena jagung mempunyai beberapa jenis yang tersedia ada yang bisa dikonsumsi, pakan ternak, maupun cocok untuk hiasan saja. Jenis yang cocok untuk membuat bakwan jagung adalah jenis jagung manis yang merupakan jenis jagung untuk banyak olahan makanan. Selain itu pastikan jagung yang masih muda. Selain jagung manis, Anda juga bisa memilih jagung biasa yang mempunyai warna kuning cerah, dan yang belum terlalu keras.

  1. Kombinasi tepung

Setelah menyediakan bahan yang tepat dan akan membuat rasa dan tekstur jagung lebih crispy, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih kombinasi tepung yang akan digunakan. Bakwan jagung mempunyai campuran tepung yang berbeda dari bakwan jenis lainnya, sehingga perlu memperhatikan kombinasi tepung agar mendapatkan rasa dan tekstur yang tepat. Bakwan jagung akan mempunyai bentuk pipih tidak seperti bakwan lainnya yang berisi. Hal tersebut karena bakwan jagung tidak menggunakan banyak tepung dan mempunyai kombinasi tepung terigu dan tepung beras 4:1. Kombinasi tersebut akan membuat bakwan jagung menjadi crispy dan cocok dikonsumsi sebagai lauk dan cemilan. Pastikan untuk tidak menggunakan banyak tepung sehingga jagung manis akan lebih terasa.

  1. Menggoreng bakwan jagung yang tepat

Ketika memasak bakwan jagung juga perlu memperhatikan cara menggorengnya yang tepat. Dimana cara ini hanya perlu untuk menuangkan adonan bakwan jagung ketika minyak sudah panas. Apabila baru pertama kali mencoba menggoreng bakwan jagung, bisa untuk menuangkan adonan ke bagian pinggir wajan terlebih dahulu yang tidak ada minyak sehingga bisa membuat bentuknya pipih. Setelah bakwan sudah terbentuk maka bisa digoreng menggunakan minyak panas dengan api kecil hingga sedang.

Resep Bakwan Jagung Sederhana

Ketika akan membuat bakwan jagung, Anda perlu menyiapkan bahannya terlebih dahulu. Hal ini cukup dengan memperhatikan jenis atau variasi bakwan jagung yang akan dibuat. Ada banyak variasi bakwan jagung yang bisa disesuaikan dengan selera seperti bakwan jagung telur puyuh, bakwan jagung panggang, bakwan nugget panggang, dan masih banyak lainnya. Akan tetapi bagi Anda yang membuat bakwan jagung sederhana cukup menyiapkan bahan jagung manis muda, daun bawang, seledri, bawang merah, bawang putih, tepung terigu, telur, garam, telur, kaldu bubuk, dan air.

Langkah membuat bakwan jagung sederhana bisa mengikuti cara berikut ini:

  • Pertama adalah dengan menyerat jagung agar terpisah dan bisa digunakan sebagai adonan.
  • Selanjutnya potong daun bawang dan seledri kecil-kecil.
  • Blender jagung dan bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, dan masukkan air. Pastikan memblender jangan sampai teksturnya halus tetapi masih menyisakan tekstur jagung.
  • Tambahkan tepung terigu, daun bawang, telur, garam, kaldu bubuk dan kemudian aduk rata.
  • Goreng dengan tips menggoreng bakwan jagung seperti di atas dengan api kecil hingga sedang.
  • Sajikan sebagai cemilan atau bisa dijadikan sebagai lauk nasi panas.

Bagi yang membutuhkan jagung manis untuk masak jagung sederhana maupun masakan lainnya, bisa mendapatkannya dengan mudah secara online. TaniHub merupakan tempat terbaik membeli bahan masakan yang Anda butuhkan karena menyediakan bahan yang segar. Selain itu juga menyiapkan banyak promo yang tersedia, sehingga bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Selain jagung, Anda bisa membeli banyak bahan lainnya di TaniHub mulai dari sayuran, buah, ikan, daging, hingga bumbu dapur.