Super Tetra (Tetracycline): Cara Kerjanya

Antibiotik bekerja dengan membunuh bakteri penyebab infeksi. Salah satu antibiotik yang paling sering diresepkan adalah Super Tetra yang mengandung antibiotik Tetracycline, yang dapat diminum dalam bentuk kapsul dan diminum dengan atau tanpa makanan. Ini adalah antibiotik spektrum luas yang melawan bakteri dan jenis infeksi lainnya dan mengobati kondisi kulit tertentu yang disebabkan oleh bakteri seperti jerawat.

Antibiotik ini juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi seperti infeksi gigi dan gusi, penyakit radang panggul, infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh Mycoplasma pneumoniae, jerawat parah dan klamidia.

Dosis dan Harga Super Tetra (Tetracycline)

Super Tetra (Tetracycline) dapat diberikan dalam dua cara, secara oral atau intravena. Dosis oral untuk orang dewasa adalah 250 – 500 mg tiap 6 jam sekali atau empat kali sehari, sedangkan dosis intravena untuk orang dewasa adalah 500 mg yang diberikan setiap enam jam sampai pengobatan selesai.

Harga Super Tetra di apotik bervariasi tergantung di daerah mana Anda membelinya. Obat ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan resep dokter karena merupakan obat antibiotik yang tidak dijual bebas atau sembarang orang menggunakannya. Sebelum menggunakan Super Tetra (Tetracycline) harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Interaksi dan Kontraindikasi Super Tetra (Tetracycline)

Super Tetra (Tetracycline) berinteraksi dengan diuretik hemat kalium, antasida yang mengandung kalsium, kontrasepsi oral, suplemen zat besi, dan preparat yang mengandung zinc, natrium bikarbonat. Antibiotik ini juga dikontraindikasikan untuk wanita yang sedang hamil atau menyusui serta orang dengan penyakit ginjal.

Super Tetra (Tetracycline) dapat menyebabkan mual, muntah dan diare, dan tidak boleh dikonsumsi dengan makanan atau minuman asam.

Super Tetra (Tetracycline) kompatibel dengan sefalosporin, aminoglikosida dan kuinolon dalam hal pengobatan antibakteri. Obat ini juga telah dikaitkan dengan penyakit hati dalam beberapa kasus.

Jika Anda baru saja menjalani operasi, beri tahu dokter Anda karena Super Tetra (Tetracycline) dapat memperlambat pembuangan asam plicatic dari tubuh, yang merupakan elemen yang digunakan dalam anestesi lokal.

Efek Samping Super Tetra (Tetracycline)

Berikut ini adalah beberapa efek samping yang terkait dengan penggunaan obat ini: mual, diare, kehilangan nafsu makan, muntah, sakit perut, sakit kepala dan gatal-gatal.

Penggunaan jangka panjang telah dikaitkan dengan perubahan warna gigi (dental fluorosis), kerusakan hati atau gagal hati (hepatotoksisitas) dan penekanan sumsum tulang (myelosupresi). Efek samping ini mungkin memerlukan perhatian medis jika berlanjut atau memburuk. Untuk menghindari efek samping yang merugikan ini, penting untuk mengikuti petunjuk pada label dan minum Super Tetra seperti yang ditentukan oleh dokter Anda.

Tolong jangan mencoba mengobati diri sendiri, terutama jika menyangkut kesehatan Anda. Selalu tanyakan kepada dokter atau apoteker sebelum minum obat apa pun.