Tips dan Cara Packing Peralatan Kantor dengan Aman

 

Apakah anda masih ingat dengan artikel tips pindah kantor murah dan aman? Kami membahasnya pada artikel sebelumnya. Di sana kita bisa mendapatkan beberapa saran tentang cara mengemas barang dengan benar dan akurat di kantor sebelum semuanya ke dalam sebuah armada yang akan mengirimkan barang kita ke lokasi kantor yang baru.

Berikut adalah pembahasan secara detail mengenai cara mengemas perabotan kantor yang sebenarnya menawarkan sejumlah keuntungan, seperti menghemat biaya karena tidak memerlukan jasa pengemasan barang.

1.        Memahami karakter barang

Bukan hanya orang, barang juga memiliki karakter yang harus dipahami oleh si pemilik. Yang termasuk dalam karakter barang meliputi mudah terbakar, barang yang mudah pecah, kain, elektronik dan lain-lain. Berikut ini adalah rangkuman perabotan kantor berdasarkan karakternya :

·           Barang pecah belah : Gelas, piring, mangkuk, vas dan cangkir.

·           Barang Elektronik : komputer, server, laptop, AC, mesin fotokopi, monitor, televisi dan printer.

·           Kain : spanduk, seragam, payung, tas, koper dan permadani.

·       Barang yang mudah terbakar : Meja kantor, kursi kantor, papan tulis, bahan kimia dan parfum. Seperti halnya meja, kursi dan papan tulis bisa   dikategorikan sebagai furniture solid.

2.        Gunakan bahan kemasan yang tepat

Tidak semua barang memiliki jenis kemasan pengiriman produk yang sama. Untuk itulah kita perlu memahami karakteristik barang sebelum melakukan pengepakan. Ada 5 jenis kemasan antara lain: kantong plastik, kemasan busa (bubble wrap), styrofoam, kardus dan peti yang terbuat dari kayu.

·         Kita bisa menggunakan kantong plastik dan kertas pembungkus sebagai material pngemasan untuk bahan tekstil, dokumen dan buku.

·      Kita bisa menggunakan kemasan busa (bubble wrap) untuk mengemas barang elektronik ringan, seperti komputer, laptop, dan aksesoris lainnya. Styrofoam, atau plastik, biasa disebut plastik, sangat ideal untuk mengemas barang elektronik berukuran besar, seperti komputer, monitor, TV, AC, dan printer. Selain karena styrofoam berfungsi untk menahan dari benturan yang keras dari benda lain, styrofoam juga salah satu material memiliki kemampuan kedap air.

·   Kardus sangat fleksibel untuk digunakan dalam berbagai karakter. Biasanya kardus hanya digunakan untuk pengemasan ulang kemasan menggunakan 3 bahan di atas.

·        Kita bisa menggunakan kemasan kayu sebagai alternatif bagi pelanggan yang ingin mengirimkan barangya supaya lebih aman dari guncangan dan goresan benda yang lain.

Lalu bagaimana dengan packing meja kantor, kursi dan papan tulis yang ada dikantor? Kami cukup menutupinya dengan kain kering dan eratkan dengan menggunakan solasi. Kemudian gunakan styrofoam di semua sudut dan tutup dengan solasi juga untuk mengindari supaya tidak bertabrakan dengan benda lain yang bisa menyebabkan kerusakan pada barang.

3.        Tandai setiap paket

Pemberian label bisa menggunakan kertas biasa sebagi penutup bidang yang kemudian dieratkan pada kemasan menggunakan solasi. Tujuan dari hal ini adalah untuk memberikan instruksi kepada kuli yang mengangkut barang yang melakukan bongkar muat kepada barang pindahan yang kita kirimkan sebelumnya.

Penjelasan diatas merupakan beberapa tips untuk mempelajai bagaimana cara untuk melakukan pengemasan kesemua perabotan kantor, mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar.

Jika Anda membutuhkan tenaga pengemasan yang lebih terjangkau dan aman pastinya, Anda bisa mendapatkannya di laman Ekspedisi Murah Surabaya Makassar dengan memesan jasa portable office. Kunjungi website https://padicargosurabaya.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau melalui kolom komentar di bawah ini.