Belanja di Tokopedia, Emang Bisa Cicilan 0% Tanpa Kartu Kredit?

Belanja di Tokopedia, Emang Bisa Cicilan 0% Tanpa Kartu Kredit?

Tokopedia atau yang dikenal juga dengan ‘toko ijo’ ini termasuk salah satu e-commerce unggulan yang produknya super lengkap. Saat ini, cuma Tokopedia yang punya fitur pembelian tiket pesawat, kereta api, hotel, dan akomodasi traveling lainnya.

Dengan produk yang super lengkap, Tokopedia juga menyediakan opsi pembayaran yang nggak kalah lengkap untuk penggunanya. Salah satunya adalah pembayaran Tokopedia paylater yang bekerja sama dengan beberapa aplikasi fintech. Hal ini tentunya makin menambah kenyamanan pengguna ketika berbelanja di Tokopedia. Kalau nggak punya kartu kredit, ada Kredivo, GoPay Later, dan BRI Ceria yang bisa jadi pilihan.

Kalau kamu mau coba cicilan 0% tapi nggak punya kartu kredit, di Tokopedia cicilan ini sangat bisa dilakukan selama kamu pakai aplikasi paylater cicilan 0% yang sudah bermitra. Salah satunya adalah Kredivo.

Nggak sesusah apply kartu kredit, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan kalau tertarik coba cicilan 0% pakai Kredivo di Tokopedia:

Bisa memenuhi persyaratan dan daftar akun Kredivo via aplikasi resminya

Sebagai aplikasi & layanan kredit, tentunya Kredivo menerapkan sejumlah syarat yang wajib dipenuhi calon pendaftar. Syarat ini bisa dibilang adalah filter utama dari Kredivo untuk menentukan layak atau tidaknya pendaftar untuk diberikan akses kredit. Nggak perlu khawatir, karena syaratnya terbilang mudah, yaitu:

  1. Pendaftar adalah WNI berusia 18 – 60 tahun.
  2. Punya penghasilan tetap minimum Rp 3 juta per bulan.
  3. Berdomisili atau tinggal di Indonesia.
  4. Berdomisili di wilayah ini kalau mau daftar akun Premium: Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Lampung, Banjarmasin, Pontianak, Cilegon, Bontang, Tanjung Pinang, Metro, Dumai, Gowa, Maros, Banyuasin, Deli Serdang, Brebes, Karanganyar, Banjarbaru, Karawang, Mojokerto, Sukoharjo, Demak, Klaten, Kendal, Kudus, Banyuwangi, Bitung, Kampar, Minahasa dan Minahasa Utara.

Jika kamu sudah memenuhi semua syarat di atas, kamu bisa download aplikasi resmi Kredivo melalui Google Play Store atau App Store. Pilih jenis akun yang mau dicoba, antara akun Basic yang limitnya maksimum Rp 3 juta atau akun Premium yang limitnya maksimum bisa sampai Rp 50 juta.

Setiap tipe akun punya tahap pendaftaran yang berbeda. Yang lebih detail dan panjang adalah akun Premium karena jumlah limit yang didapat bisa lebih besar.

Tipe akun ini cocok jadi pilihan kalau kamu mau punya limit kredit yang besar untuk membeli barang yang diinginkan dan transaksi lainnya. Akun Premium juga bisa menikmati opsi cicilan 0% dengan tenor maksimal 3 bulan. Sementara akun Basic, suku bunga cicilannya sebesar 4% kalau pilih tenor 3 bulan.

Memastikan akun sudah disetujui dan aktif sebelum digunakan

Saat daftar akun Kredivo, nggak ada jaminan pasti bahwa pendaftaran kamu akan disetujui. Bisa jadi juga ditolak. Maka dari itu, proses pendaftaran sangat penting untuk diperhatikan dengan teliti dan cermat supaya tidak ada kesalahan. Sebab, satu kesalahan saja atau ada identitas yang nggak sesuai atau nggak terbaca, bisa jadi penyebab pendaftaranmu ditolak.

Dalam waktu 1 hari sejak daftar, biasanya sudah ada penentuan apakah akun kamu disetujui atau ditolak. Kamu bisa cek aplikasi Kredivo secara berkala. Pastikan akun kamu sudah disetujui dan aktif sebelum menggunakannya di Tokopedia.

Akun yang aktif salah satunya ditandai dengan adanya limit kredit yang tersedia di halaman depan aplikasi Kredivo. Limit ini akan terbagi ke dalam beberapa opsi tenor. Kalau sudah menerima notifikasi persetujuan dan akun Kredivo-mu aktif, ini artinya kamu sudah bisa gunakan Kredivo di Tokopedia!

Gunakan opsi BRI Virtual Account di halaman pembayaran

Setelah memutuskan barang apa yang mau dibeli di Tokopedia dan pakai cicilan 0% di Kredivo, kamu perlu tahu bahwa ada sedikit perbedaan cara pembayaran di Tokopedia. Di halaman pembayaran Tokopedia, kamu perlu memilih BRI Virtual Account lalu salin nomor yang muncul. Selanjutnya, kamu bisa pindah ke aplikasi Kredivo untuk memproses transaksi.

Lanjutkan transaksi di aplikasi Kredivo dengan menu “Belanja di Tokopedia”

Di aplikasi Kredivo, tersedia menu “Belanja di Tokopedia”. Dari menu ini, kamu bisa memproses pembayaran belanjaan di Tokopedia dengan memasukkan nomor virtual account BRI yang sudah kamu salin.

Isi juga detail dan kategori transaksi, lalu pilih tenor cicilan yang kamu mau. Mulai dari 3 bulan sampai 24 bulan tergantung jenis akunmu. Selesai pilih tenor, akan ada simulasi cicilan yang perlu kamu cek apakah jumlahnya sudah sesuai?

Kalau sudah, lanjutkan proses pembayaran ke tahap akhir dan masukkan OTP. Tunggu sampai transaksimu dinyatakan selesai. Otomatis, transaksi di Tokopedia akan berubah status menjadi terbayar dan cicilan berhasil dilakukan!